SEJARAH DAN VERSI ANDROID

 SEJARAH DAN VERSI ANDROID



A. Sejarah Android

Seperti perjalanan hidup Anda, Android pun memiliki sejarahnya tersendiri. Terbilang sebagai perusahaan platform belia, Android baru dirilis pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White dibawah sebuah perusahaan bernama Android Inc di Palo Antom, California. Sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2005, tujuan awal platform yang satu ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang lebih canggih bagi kinerja dari sebuah kamera digital.

Namun, keberadaan pasar global mengubah arus Andy dan kawan-kawan untuk membawa Android Inc beralih fungsi sebagai perusahaan yang bergerak pada pengembangan sistem operasi smartphone. Keputusan tersebut ternyata benar-benar membuahkan hasil. Terbukti, Android dapat menyaingi para pendahulunya yaitu Symbian dan Windows Mobile dalam menguasai platform smartphone berskala global.

Pada tanggal 5 November 2007 adalah kali pertama Android meluncurkan versi beta yang bersamaan dengan berdirinya Open Handset Alliance atau OHA. Hal tersebut dijadikan momentum dan ditetapkan sebagai hari Android. Waahh.. Menarik!! Tidak cukup sampai disitu saja, ternyata satu minggu setelah peresmian versi beta. Android meluncurkan Software Development Kit atau dikenal dengan SDK pada tanggal 12 November 2007. SDK memungkinkan pengguna untuk dapat berkontribusi, membuat dan mengembangkan sendiri aplikasi Android mereka.


Post a Comment

0 Comments

Search This Blog