KONSEP DATABASE PADA TABEL MASTER DAN TABEL TRANSAKSI

 Konsep Database

 

Pada Tabel Master Dan Tabel Transaksi




A. BASIS DATA

Basis Data (dalam bahasa Inggris : Database) adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Ada pula yang mendefinisikan, Basis Data adalah kumpulan file atau tabel yang saling berelasi (berhubungan) antara 1 dengan yang lainnya dan saling berkaitan, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi.

B. TABEL

Tabel adalah inti dari sebuah database. Tabel menyimpan data yang dikelompokkan didalam bentuk baris dan kolom. Setiap baris mewakili record, dan setiap kolom adalah atribute atau field. Setiap field mengandung satu jenis informasi, sebagai contoh : Field bernama Jumlah memiliki tipe data Numeric, sementara Field Nama memiliki informasi bertipe Teks. Kemudian terdapat istilah pada tabel, seperti :

1. Tabel Master

Tabel Master merupakan tabel yang mewakili entitas tertentu, ia berdiri independen. Tabel Master yang nantinya akan dilakukan proses manipulasi data, seperti : update, insert dan delete. Tabel Master ini terdapat pada contoh dibawah yaitu di Table MasterBarang dan Table MasterCustomer.

2. Tabel Transaksi

Tabel Transaksi merupakan tabel yang terbentuk dari hasil transaksi pada suatu form transaksi, ia tidak bersifat independen atau bergantung dengan tabel lain. Tabel Transaksi ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:

a. Transaksi Header (Terdapat Pada Tabel HeaderPenjualan)

Tabel Transaksi Header ini dimana setiap field hanya ditulis / diinput / disimpan sekali. Artinya dalam sebuah faktur contohnya TanggalPenjualan, KodeCustomer, NoPenjualan akan ditulis atau diinput satu kali saja atau tidak berulang.

b. Transaksi Detail (Terdapat Pada Tabel DetailPenjualan)

Tabel Transaksi Detail ini dimana setiap field yang ditulis / diinput / disimpan boleh lebih dari satu kali. Artinya dalam satu NoPenjualan kita dapat melakukan transaksi lebih dari satu kali.


Berikut ini saya akan memberikan contoh struktur tabel transaksi pada penjualan dan tabel masternya berada pada (Master Barang dan Master Customer).



Sebagai gambaran data transaksi, perhatikan gambar dibawah ini:

Post a Comment

0 Comments

Search This Blog