PENGANTAR ALGORITMA

PENGANTAR ALGORITMA

A. Sejarah Algoritma

Ahli sejarah matematika menemukan asal kata ‘algoritma’ berasal dari nama penulis buku arab Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi, seorang ilmuan Persia sekitar tahun 825M. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction).

B. Definisi Algoritma

1.1 Prosedur

    Prosedur merupakan himpunan hingga instruksi, yg bersifat diskrit dan jelas,  serta dapat dijalankan secara mekanik.  Secara    mekanik maksudnya dapat dibuat program komputer.

1.2 Semi-Algoritma

    Semi-Algoritma adalah prosedur yang mampu menghasilkan pemecahan atau solusi masalah, bila solusi memang ada dan kemudian berhenti.

1.3 Algoritma

- Semi algoritma yang mampu mendeteksi tidak adanya  solusi, bila solusi memang tidak ada, dan mampu untuk berhenti. 

- Suatu susunan langkah-langkah instruksi untuk  menyelesaikan masalah.

Contoh Algoritma Sederhana: Memasak Mie Instant

Prosesnya sbb: memanaskan air, membuka pembungkus mie instant (tentunya), memasukkan mie ke dalam air, taruh bumbu di piring, angkat mie jika sudah masak, campurkan dengan bumbu yang sudah ada di piring dengan mie, makan… :D 

C. Struktur Dasar Algoritma

1.1 Sequence Program
1.2 Selection Program
1.3 Iteration Program (Repetition Program)

D. Sifat-Sifat Algoritma

·     Banyaknya langkah instruksi yang hingga:

Banyaknya instruksi atau langkah haruslah berhingga, jika tidak demikian, proses yang dilakukan akan memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan diperoleh hasil yang tidak diperlukan atau tidak berhubungan dengan masalah yang ada. Bahkan akan memungkinkan proses berlangsung terus walaupun solusi yang diharapkan sudah diperoleh.

·     Harus jelas:

Penulisan dari setiap langkah yang terdapat didalam sebuah algoritma harus memiliki arti yang khusus dan spesifik, karena penulisan langkah bagi komputer berbeda dengan penulisan langkah bagi manusia.

·     Batasan dari rangkaian proses:

Rangkaian proses yang berisi langkah-langkah dari suatu algoritma yang akan dilaksanakan harus ditetapkan dengan pasti.

·     Batasan dari input dan output:

Input merupakan data yang dimasukkan ke dalam algoritma. Input tersebut harus sesuai dengan jenis algoritma yang bersangkutan. Output merupakan hasil yang dikeluarkan oleh komputer sebagai hasil dari pelaksanaan program.

·     Efektivitas :

Instruksi dari sebuah algoritma dapat memerintahkan komputer agar hanya melaksanakan penugasan yang mampu dilaksanakannya saja. Komputer tidak dapat  melaksanakan instruksi, jika informasinya tidak lengkap, atau jika hasil dari pelaksanaan perintah tidak diberi batasan yang jelas.

·     Batasan ruang lingkup :

Sebuah algoritma adalah diperuntukkan bagi suatu masalah tertentu.

Post a Comment

0 Comments

Search This Blog